Tuesday, March 23, 2010

Pemain Terbaik 2009




Bulutangkis.com - Kolom Hendri Kustian di situs ini sudah memulai tradisi untuk menentukan pemain terbaik dunia sejak tahun 2007. Metode yang digunakan berdasarkan jumlah dan level gelar juara yang dikumpul oleh seorang pebulutangkis. Tahun 2007 ditentukan Gao Ling sebagai pemain tebaik dunia dan Lilyana Natsir untuk Indonesia. Tahun berikutnya menjadi milik Lee Yong Dae (terbaik dunia) dan pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan (terbaik Indonesia). Siapakah yang terbaik di tahun 2009?

Terbaik Dunia

Persaingan pebulutangkis sepanjang tahun 2009 terlihat lebih merata. Beberapa negara yang belum pernah meraih juara di era Super Series, berhasil merebutnya pada tahun 2009 ini seperti Taipei, India, Inggris dan Polandia. Wakil Taipei, Cheng Wen Hsing/ Chin Yu Chin menjuarai ganda putri Korea Open, Saina Nehwal dari India memenangkan tunggal putri Indonesia Open, Nathan Robertson/ Anthony Clark (Inggris) berjaya di Singapore Open dan Robert Mateuziak/ Nadiedza menjadi kampiun ganda campuran Hongkong Open. Demikian juga dengan Thailand, meskipun pernah satu kali merebut juara Singapore Open Super Series 2007 melalui Bonsak Ponsana tetapi prestasi rekannya Songphon Anugritawayan/ Kuchala Voravitchitchaikul menjuarai ganda campuran Japan Open 2009 merupakan kejutan tersendiri.

Ditengah mulai meratanya kekuatan bulutangkis dunia, atlet Korea Lee Yong Dae menjadi pengumpul gelar juara terbanyak dibagian putra. Pemain andalan Korea tersebut meraih empat gelar juara ganda putra super series dan satu super series master bersama rekannya Jung Jae Sung. Gelar ganda putra tersebut masih ditambah satu gelar juara turnamen Grand Prix yakni German Open berpasangan dengan Shin Baek Cheol. Lee Yong dae melengkapi prestasinya dengan menjuarai ganda campuran Korea Open, China Open dan Kejuaraan Asia. Pemain Malaysia Lee Chong Wei tampil konsisten sepanjang tahun 2009 dengan merebut empat kali juara Superseries, satu super series master dan dua kali turnamen Grand Prix Gold. Berikutnya pemain China, Lin Dan membuat catatan sebagai juara dunia dan empat gelar super series lainnya termasuk All England.

Di bagian putri, pemain muda China Ma Jin begitu perkasa dengan enam gelar juara super series yang masing-masing tiga dinomor ganda putri bersama Wang Xiaoli dan tiga disektor ganda campuran berpasangan dengan seniornya, Zheng Bo. Ma Jin melengkapi gelarnya dengan tiga kali juara di turnamen kelas Grand Prix Gold. Mengikuti prestasi Ma Jin, pemain muda lainnya Wang Yihan merebut lima gelar juara tunggal putri Super series dan satu dari Grand Prix Gold. Pemain yang tergolong senior Zhang Yawen berada di posisi ketiga dengan empat gelar juara superseries dan juara dunia ganda putri. Kehebatan Zhang Yawen tidak sekedar catatan tersebut tetapi dia bisa juara baik berpasangan dengan pemain berpengalaman seperti Zhao Tingting maupun dengan yuniornya seperti Pan Pan dan Tian Qin.

Terbaik Indonesia

Indonesia masih bertumpu pada pasangan Nova Widianto/Lilyana Natsir dan Markis Kido/Hendra Setiawan pada pagelaran turnamen sekelas superseries di tahun 2009. Kedua pasangan ini masing-masing mengumpulkan dua gelar juara superseries dan medali emas Sea Games. Diluar keempat nama tersebut yang sedikit mencuat adalah Simon Santoso yang merebut gelar super series pertama-nya di Denmark serta meraih emas tunggal putra Sea Games. Beberapa pemain harus puas mencicipi gelar turnamen kelas Grand Prix Gold seperti Taufik Hidayat, Bona Septano/Muhammad Ahsan dan Flandy Limpele/Vita Marissa

Terbaik

Berdasarkan catatan prestasi yang dibuat para pemain maka dapat disimpulkan Lee Yong Dae merupakan pemain putra dan Wang Yihan pemain putri terbaik dunia 2009. Sementara untuk pemain putra terbaik Indonesia 2009 disematkan pada Nova Widianto dan Lilyana Natsir dibagian putri.
(Contributed by: Hendri Kustian, hendri_kustian@yahoo.com)

Rangkuman :
Pemain Putra Terbaik Dunia:
1. Lee Yong Dae :
1 gelar MD-SS Master, 6 gelar SS (MD-Mas Open, MD-INA Open, MD-HKG Open, MD-CHN Open, XD-KOR Open, XD-CHN Open), 1 gelar XD-Asia dan 1 gelar Grand Prix (MD-GER Open)
2. Lee Chong Wei :
1 gelar MS-SS Master, 4 gelas SS (MAS Open, SUI Open, INA Open, HKG Open) dan 2 gelar Grand Prix Gold (MAS OPen GPG, MAC Open)
3. Lin Dan :
Juara Dunia dan 4 gelar SS (All England, CHN Master, FRA Open, CHN Open)

Pemain Putri Terbaik Dunia :
1. Ma Jin :
6 gelar juara SS (WD-JPN Open, WD-Fra Open, WD-HKG Open, XD SUI Open, XD SIN Open & XD INA Open), 3 GPG (XD-IND Open, XD-MAS Open & WD MAS Open) dan Juara WD-Asia
2. Wang Yihan :
5 gelar SS (All England, SUI, JPN, FRA & HKG), 1 GPG (MAC Open) & 1 GP (German Open)
3. Zhang Yawen :
Juara Dunia ganda putri & 4 SS (All England, SIN, DEN & CHN)

Pemain Putra Terbaik Indonesia :
1. Nova Widianto : Juara Malaysia Open SS, France Open SS, Runner-Up Kejuaraan Dunia dan SEA Games)
2. Markis Kido/Hendra Setiawan : Juara Japan Open SS, French Open SS, juara Asia dan SEA Games)
3. Simon Santoso : Juara Denmark Open dan SEA Games

Pemain Putri Terbaik Indonesia :
1. Lilyana Natsir : Juara Malaysia Open SS, French Open SS, Runner-Up Kejuaraan Dunia dan SEA Games)
2. Vita Marissa : Juara India Open GPG dan Juara Indonesia Challenge
3. Greysia Polii/Nitya Krishinda : Runner-up Singapore Open, Semifinalis Japan Open & Semifinalis French Open).


Sumber : http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=6097

No comments: