Tuesday, March 23, 2010

Pemain Yunior Putri Berprestasi Tahun 2009

Bulutangkis.com - Indonesia kembali tertinggal dalam prestasi Internasional di bagian putri. Kita tidak perlu membandingkan dengan China yang pemain lapis ketiganya sudah bisa meraih gelar juara Super Series tetapi dengan negara tetangga seperti Thailand saja sudah kedodoran. Thailand malah berhasil menciptakan ''ALL Thailand Final'' di nomor tunggal putri Kejuaraan Dunia Yunior antara Ratchanok Intanon dan Portip Buranaprasertsuk.

Namun demikian kita tidak boleh berputus harapan karena beberapa pemain masih bisa mencatat prestasi yang baik.

1. Della Destiara Haris
Dengan prestasinya sebagai runner-up ganda campuran Kejuaraan Dunia Yunior maka Della layak didaulat sebagai pemain yunior paling berprestasi. Pemain yang tergabung dalam skuat Pelatnas Pratama ini juga meraih gelar juara turnamen Internasional Tangkas ALfamart Open nomor ganda putri berpasangan dengan Gebby Rityani Imawan. Sebelum bergabung di Pelatnas Pratama, Della menjuarai Pertamina Open II dan Sirnas Kalimantan berpasangan dengan Claudia Ayu pada awal tahun 2009.

2. Suci Rizky Andini
Posisi runner-up ganda putri kejuaraan dunia yunior bersama Tiara Rosalia membuat Suci ditempatkan dinomor dua. Disamping itu Suci berhasil masuk babak semifinal Tangkas Alfamart Open disektor ganda campuran berpasangan dengan Kevin Alexander.

3. Tiara Rosalia Nuraidah
Gelar juara dunia yunior belum dapat diraih Tiara dan Suci setelah dikalahkan andaalan China Tan Jinhua/Huang Xia 9-21 dan 18-21. Tetapi keberhasilan mereka menembus final layak mendapat apresiasi ditengah minimnya prestasi pemain putri Indonesia.

4. Jenna Gozalli
Pemain klub Djarum Kudus ini meraih gelar Internasional pada sektor ganda campuran Dutch Open Junior bersama Muhammad Ulinnuha. Pekan berikutnya pasangan ini hanya menempati runner-up German Open Yunior setelah dikalahkan pasangan Korea Kang Ji Wook/Hye In Choi 20-22, 17-21. Di ganda putri, Jenna bersama Rufika Olivta menempati posisi empat besar pada Dutch Open Junior

5. Dian Fitriani
Satu gelar juara Singapore Youth International U-19 dipersembahkan Dian Fitriani/Eri Octaviani dinomor ganda putri. Pasangan ini juga memborong tiga gelar juara Sinas mulai dari Sirnas Jateng, Bali dan Sumatera. Semenara di Tangkas Alfamart Open mereka menduduki posisi runner-up. Di Tangkas Alfamart Open ini, Dian Fitriani juga bermain ditunggal putri dengan hasil sebagai semifinalis setelah dikalahkan pemain Malaysia, Sonia Su Ya Cheah 21-15, 14-21, 3-21.

6. Eri Octaviani
Berpasangan Dian Fitriani menjuarai Singapore Youth International dan runner-up Tangkas Alfamart Open. Di level nasional, mereka meraih tiga gelar juara Sirnas.

7. Yayu Rahayu
Yayu merupakan pemain klub Djarum Kudus lainnya yang berhasil meraih gelar Internasional. Yayu bermain diganda campuran bersama Didit Juang Indrianto berhasil menjuarai ganda campuran Tangkas Alfamart Open. Didit/Yayu juga menjuarai Sirnas Kalimantan kemudian Yayu sendiri juara campuran Sirnas Jateng dan Jatim (+Jones Rafly Jansen) serta ganda putri Sirnas Jatim (+Lidya Pradipta)

8. Gebby Rityani Imawan
Merupakan anggota skuat Pelatnas Pratama yang menjadi pasangan Della saat menjuarai Tangkas Alfamart Open.

9. Anna Rovita
Kejutan dibuatnya dengan berhasil menembus semifinal kejuaraan Asia Yunior. Langkahnya ke final dihentikan sang juara Chen Xiaojia (China) 22-24, 17-21. Sementara dilevel nasional, Anna menjuarai Sirnas DKI dan turnamen Surabaya Open.

10. Febby Angguni
Pemain ini membuat prestasi yang sama dengan Anna Rovita sebagai semfinalis Kejuaraan Asia Yunior. Di kancah nasional sebenarnya Febby mencatat prestasi lebih baik dengan meraih tiga gelar juara tunggal putri sirnas kelompok dewasa. Tetapi karena catatan ini hanya melihat prestasi di kelompok taruna maka Febby ditempatkan diposisi kesepuluh.

Demikian sepuluh pemain yunior paling berprestasi di tahun 2009. Tantangan kelompok putri tahun-tahun mendatang akan lebih besar. Kemajuan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand harus diantisipasi dengan meningkatkan prestasi pemain putri Indonesia. Semoga tahun 2010 ini prestasi pebulutangkis Indonesia menjadi lebih baik.

No comments: